RE: Alat Pertanian Modern Yang Ada di Indonesia Lengkap Beserta Gambar

Salam berbagi pengetahuan di pertanyaanku.com kali ini saya sebagai sarjana pertanian mau bebagi ilmu tentang alat pertanian modern yang sudah di pakai di Indonesia. Meskipun negara kita disebut negara agraris namun perkembangan pertanian tidak begitu pesat layaknya negara-negara Eropa maupun Amerika.
 

Alat Pertanian Modern

Alat Pertanian Modern

Meskipun begitu kita harus sukuri dengan berkembangnya pertanian di Indonesia ini bisa memaksimalkan hasil dari petani lokal dalam usahanya di bidang Agrobisnis.

Kenapa Alat Pertanian Modern Sangat Penting ?

Alat pertanian modern ini bisa membantu pekerjaan petani sekitar 50% lebih dibandingkan menggunakan alat pertanian tradisional yang sudah dipakai turun temurun. Apa sebananya yang dibilang alat pertanian modern ini ? Alat modern ini cenderung meanggunakan mesin (mekanik) meskipun tidak semua alat pertanian menggunakan mesin namun hampir semua sudah menggunakannya.

Apa Perbedaan Alat Pertanian Modern dan Tradisional ?

Banyak sekali perbedaan yang bisa di lihat oleh kita semua, mulai dari bentuk dan fungsi yang bisa multifungsi (lebih dari 1 fungsi). Saya berikan contoh perbedaan alat pertanian tradisional dan modern : seperti halnya alat tradisional cangkul yang hanya bisa membuat lubang tanah atau menggemburkan tanah sangat jauh lebih efektif fungsinya dengan traktor yang bisa menggemburkan tanah, melubangi tanah, membawa hasil panen, dan lain sebagainya.

Apa Saja Alat Pertanian Modern Yang Ada di Indonesia ?

 

1. Pompa Air Modern

Pompa Air

Pompa Air

Pompa air ini adalah alat pertanian modern yang menggantikan bak air maupun timba air yang sering dipakai dan digunakan petani untuk menyiram sawahnya. Biasanya petani yang menanam tembakau, kacang tanah, dan padi yang sering menggunakan alat modern ini.
 

2. Traktor Capung

Traktor Capung

Traktor Capung

Traktor capung ini yang paling banyak digunakan oleh petani di Indonesia dan hampir semua wilayah di Indonesia sudah menggunakan traktor ini. Alat modern ini dinilai cukup efektif dan efisien digunakan di Indonesia kenapa ? karena di lihat dari harganya juga terjangkau yaitu IDR 10,124,000.00. Traktor Capung ini menggantikan peran sapi dan kerbau dalam hal membajak tanah di sawah.
 

3. Elevator Padi

Elevator Padi

Elevator Padi

Alat ini sangat penting bagi petani yang menanam padi dikarenakan dengan Fungsi Elevator ini bisa membantu petani untuk memproses hasil panen pagi ke karung beras tanpa mengambilnya secara manual.
 

4. Mesin Tanam Padi

Mesin Tanam Padi

Mesin Tanam Padi

Alat tanam otomatis ini biasa disebut dengan RICE TRANSPLANTER. Tidak semua daerah menggunakan alat penanam padi ini kenapa ? dikarenakan SDM (sumber daya manusia) yang belum memahami cara menggunakannya dan navigasi yang tidak begitu friendly bagi masyarakat. Di lain sisi harga dari RICE TRANSPLANTER ini sangat mahal yaitu IDR 55.000.000 yang sara rasa sangat memberatkan petani untuk membeli alat ini. Namun beberapa daerah di jawa barat sudah menggunakan alat ini seperti sukabumi, bogor dan daerah lainnya.

Untuk Melihat Cara Kerjanya Bisa Tonton Video RICE TRANSPLANTER :


 

5. Mesin Penghancur Pupuk

Mesin Penghancur Pupuk

Mesin Penghancur Pupuk

Alat penghancur pupuk ini biasanya dipakai di toko toko yang menjual pupuk. Alat modern ini bisa membantu petani menghaluskan pupuk dengan waktu singkat. Tidak seperti biasanya petani menggunakan palu dan alat lainnya untuk menghancurkan pupuk.
 

6. Pemotong Padi Modern


 
Pemotong Padi Modern

Pemotong Padi Modern

Alat pemotong padi ini masih jarang sekali di pakai di Indonesia namun alat modern ini sudah banyak dipakai di berbagai instansi pertanian di Indonesia. Alat Pemotong Padi Modern ini dinilai sangat efektif untuk memanen padi, yang selama ini pemanenan padi menggunakan jasa manusia namun adanya alat ini bisa mengurangi biaya panen padi para petani.

Tonton Videonya Berikut Ini :


 

7. Traktor Pertanian

Traktor roda 4 ini sangat multi fungsi, kenapa ? traktor yang merupakan alat pertanian modern ini bisa melakukan banyak hal seperti menggemburkan tanah, membuat lubang tanam dan lain sebagainya. Traktor ini bisa dipasang implemen di bagian belakang teraktor ini ada pengait untuk implementnya.

Berikut contoh implemen traktor roda 4 :

 

Traktor implemen

Traktor implemen

Jika Thread saya ini bermanfaat mohon dishare ke teman kamu 🙂 Jika ada pertanyaan langsung saja tuliskan dibawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua :iloveindonesia

Puspitasari Sarjana Ditanyakan on 10 December 2016 pada Berbagi.
Tambah Komentar

yang mau beli traktor bisa juga lihat harga disini :

Doktor Terjawab on 16 December 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.