RE: Apa Hukum Bekerja di Bank Konvensional Menurut Islam ?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu semuanya, saya ingin bertanya tentang hukum islam jika bekerja di bank konvensional yang tidak memakai hukum syariah. Apakah itu haram atau halal ? bagaimana pendapat ustad memandang permasalahan ini.

Karena ustad harus tau saya sudah bekerja di bank selama kurang lebih 2 tahun lalu saya bingung ketika membaca di salah satu status teman saya di facebook yang bilang bahwa bekerja di bank adalah haram dan riba, apakah itu benar ?

Lantas jika benar apakah saya harus keluar dari bank konvensional tersebut atau seperti apa pendapat ustad yang mengerti tentang hal ini ? terima kasih

Julliamarry SMP Ditanyakan on 8 December 2016 pada Agama.
Tambah Komentar

Dalam ceramah Ustd.Khalid Basalamah (Hukum Kerja di Bank Konvensional)

Dalam Al-Qur’an sudah di jelaskan hukum riba  (QS. Al Baqarah [2]: 275)

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba, tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat) bahwa sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”

Saya doakan semoga cepat mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik dibandingkan bekerja di bank konvensional 🙂

SD Terjawab on 8 December 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.