RE: Apakah BPJS bisa untuk ketenagakerjaan orang asing TKA ?

Apakah asuransi yang dimiliki oleh pemerintah ini bisa digunakan untuk ketenagakerjaan orang asing atau TKA yang bekerja di Indonesia ? Apakah ini bisa dipakai ? Yang saya tau BPJS untuk orang indonesia saja dan tidak pernah mendengar kabar ini sebelumnya.

Jika memang BPJS bisa untuk Orang Asing yang bekerja di Indonesia berikan dasar hukumnya yang jelas 🙂 terima kasih

Lian SMA Ditanyakan on 5 December 2016 pada Pengetahuan.
Tambah Komentar

Justru Pemerintah Mewajibkan TKA Untuk Ikut BPJS :

  • Persyaratan terkait pengalaman kerja dan tenaga pendamping tidak berlaku bagi pekerja asing yang menduduki jabatan sebagai anggota direksi, anggota dewan komisaris, anggota pengurus, dan anggota pengawas.
  • Syarat wajib menjadi peserta jaminan sosial nasional bagi TKA yang bekerja lebih dari enam bulan, tulis Pasal 36 Permenaker No. 16/2015 dalam salinan yang diperoleh Bisnis.
  • Peserta dalam jaminan sosial nasional, pekerja asing juga harus memiliki bukti polis asuransi yang berbadan hukum Indonesia, serta memiliki kompetensi dan pengalaman kerja minimal lima tahun.
  • Peserta juga harus membuat surat pernyataan wajib mengalihkan keahliannya kepada pekerja Indonesia pendamping yang dibuktikan dengan laporan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan.

Dasar Hukum BPJS untuk Ketenagakerjaan Asing (TKA) :

  • Pasal 1 Angka 4 UU BPJS berbunyi : “Peserta adalah setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, yang telah membayar iuran”

 

Semoga membantu :iloveindonesia

Megister Terjawab on 5 December 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.