RE: bolehkah kita membuat video karaoke dan menguploadnya ke youtube?

jadi konten video seperti musik/instrumental dan video klip asli diambil dengan atau tanpa izin orang yang membuat kemudian digabungkan dengan lirik lagu dan terakhir diupload ke youtube. apakah boleh. jika ada syarat yang harus dipenuhi apa saja. dan apakah boleh mempublikasikan di blog atau menjualnya?

MhirzaRahmad TK Ditanyakan on 14 November 2016 pada Hukum.
Tambah Komentar

Kalau mau mengkomersilkan lagi biasanya ada ijinnya dari pemilik lagu tersebut gan. Karaoke saja itu harus ada ijin dan pemilik lagu harus mendapat royalti dari tempat karaoke tersebut. Ngurus royalti rada ribet baca aja http://www.hukumonline.com/klinik/detail/cl755/royalti-hak-cipta

Kalau upload ulang di youtube pasti kena CR (Copy Right)

Agar bisa menupload ulang video cover (lirik lagu atau yang lain) silahkan baca ketentuan youtube :

Cara mengaktifkan bagi hasil pendapatan untuk video lagu cover

Untuk mengaktifkan bagi hasil pendapatan video lagu cover yang telah diklaim oleh penerbit musik:

  1. Aktifkan akun Anda untuk monetisasi, jika belum melakukannya. Buka tab Monetisasi di setelan akun.
  2. Cari video lagu cover yang memenuhi syarat di Pengelola Video. Pada video tersebut, Anda akan melihat pesan: “Konten pihak ketiga yang cocok” dan ikon simbol dolar abu-abu.
  3. Klik ikon simbol dolar abu-abu di samping video. Pada tab Monetisasi, centang kotak di samping pesan yang berbunyi: “Monetisasi video saya. Ini adalah versi cover yang saya bawakan dari lagu yang ditulis orang lain. Pelajari lebih lanjut”.
  4. Video Anda kemudian akan ditinjau untuk diperiksa, apakah berisi konten pihak ketiga di luar lagu pihak ketiga tersebut atau tidak.
  5. Anda akan segera diberi tahu jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan. Jika ada pertanyaan, kunjungi pemecah masalah monetisasi.
Doktor Terjawab on 14 November 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.