15 Ilmuan dari kalangan muslim yg juga penemu angka 0

15 Ilmuan dari kalangan muslim yg juga penemu angka 0

Assalamu’alaikum

MU’JIZAT ILMIAH AL-QURAN

Allah Ta’ala Berfirman:
“Kami akan Memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar. Tidak cukuplah (bagi kamu) bahwa Tuhan-mu menjadi Saksi atas segala sesuatu?”

Ayat di atas menjadi motivator bagi para ulama-ulama terdahulu untuk mengungkap berbagai macam isyarat-isyarat Al-Quran tentang ilmu pengetahuan modern. Yang di kalangan ulama disebut sebagai Mu’jizat Ilmiah Al-Quran.

Mu’jizat Ilmiah Al-Quran adalah isyarat Al-Quran yang menunjukkan kepada fakta-fakta ilmiah termasuk ilmu sains modern yang akan terungkap dikemudian hari. Oleh karena itu, isyarat-isyarat ilmiah Al-Quran semacam ini menjadi motivator yaitu memberikan motivasi kepada para ulama terdahulu untuk terus mencari apa yang telah diisyaratkan oleh Al-Quran.

Subhanallah. Dari hasil keyakinan mereka pada Al-Quran. Dari hasil iman mereka pada Al-Quran. Dari kegigihan mereka yang didasari pada iman dan takwa akhirnya mereka berhasil menemukan, merintis, mempelopori berbagai aneka macam disiplin ilmu pengetahuan modern.

Berikut ini beberapa ilmuwan muslim yang pernah merintis ilmu pengetahuan:
01. Jabir Ibnu Hayyan Al-Azadi Al-Kufi (101-197 H) yang di barat
dikenal dengan nama GEBER adalah perintis Ilmu Kimia.

02. Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (164-232 H) yang di barat dikenal dengan nama GUARESMO adalah perintis Matematika, peletak Al-Jabar & Aritmatika, penemu Angka Nol.

03. Abu Yusuf Ya’qub Ibnu Ishaq Al-Kindi (188-260 H) yang di barat dikenal dengan nama ALKINDUS adalah penemu Ilmu Fisika.

04. Abul Hasan Tsabit Ibnu Qurah (221-284 H) adalah peletak Ilmu Fisika Matahari & penemu Segi Empat Magic.

05. Abu Abdillah Muhammad Ibnu Jabir Al-Battani (240-317 H) yang di barat dikenal dengan nama ALBATEGNIUS adalah peletak Prinsip Trigonometri & penemu Sin, Cos, Tan, Cotan.

06. Abu Bakar Muhammad Ibnu Zakaria Ar-Razi (240-311 H) yang di barat dikenal dengan nama RHAZES adalah bapak Kimia Klinik Kedokteran.

07. Abul Qasim Khalaf Ibnu Abbas Az-Zahrawi (325-404 H) adalah perintis ilmu bedah kedokteran.

08. Abul Wafa Muhammad Ibnu Muhammad Al-Buzjani (328-375 H) adalah perintis Geometri & perumus Kalkulus.

09. Abu Ali Al-Hasan Ibnu Al-Haitsam Al-Bashri (354-430 H) yang di barat dikenal dengan nama AVENETAN adalah peletak Dasar Ilmu Fisika Optik & penemu Kamera.

10. Abur Rayhan Muhammad Ibnu Ahmad Al-Biruni (362-442 H) yang di barat dikenal dengan nama ALBORON adalah peletak Sains Modern & Geografi, penemu Garis Lintang & Bujur.

11. Abu Ali Al-Husain Ibnu Adillah Ibnu Sina (370-428 H) yang di barat dikenal dengan nama AVECENNA adalah bapak Ilmu Kedokteran, penemu Suntikan & Obat Bius.

12. Abul Fath Umar Al-Khayyam (440-525 H) adalah penyair, penemu Ilmu Geografi Analisa.

13. Abu Marwan Ibnu Zuhr (464-557 H) yang di barat dikenal dengan nama AvENZOAR adalah penerus Kedokteran Ibnu Sina.

14. Abdurrahman Ibnu Muhammad Ibnu Khaldun (lahir 732 H) adalah peletak Dasar Sosiologi dalam Politik & Filsafat.

15. Ahmad Ibnu Majid An-Najdi (832-933 H) adalah navigator penemu Kompas Modern.

Ingatlah!!! KOMPUTER, LAPTOP, GADGET tidak akan pernah ada saat ini jika Angka Nol tidak pernah ditemukan. Subhanallah!!! Tapi kenyataannya, Angka Nol ditemukan oleh Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi seorang ilmuwan muslim.

Sumber: Video Ceramah Habib Rizieq Shihab

Wassalam

TK Ditanyakan on 16 April 2017 pada Agama.
Tambah Komentar
1 Jawaban

Informasinya sangat bermanfaat 🙂 terima kasih saya membaca dan menambah wawasan saya. Jujur sebelumnya yang saya tau hanya ilmuan-ilmuan barat, ternyata setelah membaca tulisan ini saya jadi tau kalau islam ternyata yang memplopori itu semua.

SD Terjawab on 16 April 2017
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.