Apakah benar anjing bisa melihat hantu ?

Saya tiap malem sering sekali mendengar anjing menggonggong seperti suara serigala. Banyak mitos2 yang berkata kalau saat anjing menggonggong panjang seperti serigala itu pertanda kalau anjing tersebut sedang melihat hantu. Apakah mitos tersebut benar ? Apakah mata anjing setajam itu untuk melihat makhluk lain ? Bantu jawab ya teman2 , kalau bisa sih secara ilmiah hehe :ngakak

Sarjana Ditanyakan on 4 December 2016 pada Aneh.
Tambah Komentar
3 Jawaban

Karena Anjing memiliki Indera penglihatan yang memang bisa digunakan untuk melihat mahluk halus sis.

Berikut penjelasan mengenai penglihatan Anjing (Walaupun tidak menjelaskan tentang mahluk halus) :

Anjing dapat melihat warna,  tetapi tidak sebanyak yang bisa dilihat oleh manusia. Penglihatan normal memiliki tiga sub sistem pada manusia, yaitu pembeda terang-gelap, kuning-biru, serta merah-hijau. Buta warna terjadi karena kekurangan pada satu atau dua sub sistem tersebut.Penglihatan anjing sama seperti kondisi buta warna merah hijau pada manusia.Dengan demikian dunia visual anjing terutama terbuat dari abu-abu,biru dan kuning.

Selain itu,  anjing tidak dapat melihat detail seperti manusia. Sebaliknya, anjing memiliki penglihatan malam hari lebih baik dari kita. Mata anjing memiliki sel rod/sel batang lebih banyak daripada mata manusia. Sel Rod adalah sel reseptor yang berguna pada saat mata  melihat obyek yang berwarna hitam dan putih serta berperan pada saat kondisi gelap atau mata sedang melihat gelap. Anjing juga memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mendeteksi gerakan dan memungkinkan dalam kondisi cahaya redup dibandingkan manusia. Ini mungkin membantu menjelaskan mengapa anjing bersikeras menatap tajam keluar jendela rumah setelah malam gelap, ketika Anda tidak bisa melihat sesuatu yang menarik diluar sana, anjing mungkin dapat melihat sesuatu yang tidak dapat anda lihat.

 

Doktor Terjawab on 12 December 2016
Tambah Komentar

Indonesia banyak mistisnya  gan, mitosnya emang gitu anjing bisa lihat hantu :v

SD Terjawab on 4 December 2016
Tambah Komentar

Alasan anjing bisa melihat hantu itu ilmiah tidak lagi menjadi mitos

Menurut penelitian tidak hanya kucing dan anjing saja namun ada beberapa hewan lain yang juga memiliki kemampuan sama. Dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli biologi dari City University London menjelaskan bahwa anjing tersebut memang pada dasarnya memiliki mata yang mampu melihat spektrum sinar ultraviolet atau UV.

Meneurut Ghost Stop (pemburu hantu) hantu bisa dilihat dengan sinar inframerah (IR) dan UV yang bisa di lihat oleh anjing.

Semoga membantu 🙂

SMA Terjawab on 4 December 2016
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.