Bagaimana cara meredamkan amarah ?

Saya bingung bagaimana cara meredamkan amarah agar kita merasa lega. Yang saya sering lakukan adalah dengan cara berdiam diri, tapi itu membuat kita menjadi semakin sakit. Apakah admin tau cara yang lebih baik daripada diam?

SMA Ditanyakan on 6 May 2016 pada Curhat.
Tambah Komentar
Loading...
3 Jawaban

Halo salshabila saya Mahasiswi Psikologi akan membantu anda untuk menemukan solusi permasalahan anda.
Amarah itu diartikan sebagai marah yang berlebihan (over), Meredam amarah memang sangat sulit, cara yang anda lakukan yaitu berdiam diri merupakan cara yang kurang efektif karena amarah yang anda tahan akan menjadikan bumerang bagi diri sendiri jika dibiarkan begitu saja. dalam hal ini saya akan menjelaskan bagaimana cara yang paling efektif untuk meredam amarah :

  • Berfikir Tenang

Saat anda sedang marah cobalah untuk berfikir tenang, ketika anda marah kepada seseorang yang melakukan kesalahan sadarilah jika manusia tidak sempurna dan pasti melakukan kesalahan.

  • Mengingat hal-hal baik

Jika anda sedang marah kepada seseorang ingatlah hal-hal baik yang sudah dia berikan kepada anda, ingatlah bahwa orang itu masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki kesalahan yang membuat anda marah.

  • Menyebut nama tuhan

Jika anda sedang marah cobalah menyebut nama tuhan yang maha suci, jika di islam disarankan anda untuk mengucapkan istighfar agar hati anda tetap dilindungi tuhan.

  • Sampaikan apa yang anda rasakan

Ketika hati anda mulai bergejolak, cobalah untuk memberi tahu orang yang bersangkutan tentang perasaan anda dengan cara yang baik, cara ini efektif untuk meredam amarah dalam diri anda.

Sarjana Terjawab on 6 May 2016
Tambah Komentar

Berendam sambil dengerin lagu Jazz + Makan anggur yg ga ada bijinya + ice cream. Adeeeeeeem, apalagi kalo udah nikah, berendam nya berdua, makan anggur disuapin, makan ice cream berdua. Damaaaaiiii.

SMP Terjawab on 18 January 2017
Tambah Komentar

Caranya yang pertama kali harus dicoba duduk. Kalau gak bisa juga masih marah,ambil air wudhu…..

SD Terjawab on 18 January 2017
Tambah Komentar
  • Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.