Bagaimana kaitan antara perjanjian baku dan asas proporsionalitas ?

Dalam ilmu legal aspect in economic di nyatakan bahwa ada kaitannya antara oenjanjian baku dengan asas proporsionalitas. Saya belum begitu mengerti apa kolerasinya diantaranya. Mohon penjelasannya

Doktor Ditanyakan on 16 December 2017 pada Ekonomi.
Tambah Komentar
1 Jawaban

Perjanjian baku adalah konsep janji-janji tertulis. Disusun tanpa membicarakan isinya dan lazimnya dituangkan ke dalam sejumlah tak terbatas perjanjian yang sifatnya tertentu. Perjanjian baku juga merupakan perjanjian yang isinya dibakukan dan dituangkan dalam bentuk formulir. Pasal 1313 KUHPer: “suatu perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih”.

Perjanjian baku mengandung sifat yang banyak menimbulkan kerugian terhadap konsumen. Perjanjian baku yang banyak terdapat di masyarakat dapat dibedakan dalam beberapa jenis, antara lain perjanjian baku sepihak, perjanjian baku yang ditetapkan oleh pemerintah, dan perjanjian baku yang ditentukan di lingkungan notaris atau advokat.

Kaitan antara perjanjian baku dan asas proporsionalitas adalah, walaupun perjanjian terjadi secara baku, namun tetap diharapkan terjadinya keadilan diantara kedua belah pihak. Sehingga kedua belah pihak merasa untung dan keduanya tidak merasa dirugikan (Menjalan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak).

Terima Kasih

SMP Terjawab on 16 December 2017
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.