Bagaimana konsep SBU ini berdasarkan metode Boston Consulting Group ?

Sebelum perusahaan menentukan strategi pemasaran, terlebih dahulu perusahaan akan merumuskan strategi bisnis. Mendefinisikan visi misi, menetapkan tujuan dan mendesain portofolio bisnis, sehngga akhirnya perusahaan akan memiliki unit bisnis strategis (SBU). Jelaskan bagaimana konsep SBU ini berdasarkan metode Boston Consulting Group (BCG).

Doktor Ditanyakan on 10 September 2017 pada Bisnis.
Tambah Komentar
1 Jawaban

Secara definisi BCG adalah alat analisis bisnis yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam mempertimbangkan peluang pertumbuhan dengan perencanaan strategis jangka panjang dan meninjau portofolio produk perusahaan tersebut agar dapat mengambil keputusan untuk berinvestasi, mengembangkan atau menghentikan produknya.

Untuk menkonsep suatu Unit Bisnis Strategi berdasarkan Boston Consulting Grup maka harus mengacu pada matrix BCG. BCG terdiri dari matriks yang berukuran 2 baris x 2 kolom atau terdiri dari 4 sel (4 kuadran). 4 sel tersebut pada dasarnya mewakili 4 kategori portofolio produk perusahaan dari 2 dimensi klasifikasi bisnis unit yaitu

Relative Market Share (pangsa pasar relatif) dan Market Growth Rate (tingkat pertumbuhan pasar). Kategori-kategori tersebut masing-masing diwakili oleh Bintang (Star), Sapi Perah (Cash Cows), Anjing (Dogs) dan Tanda Tanya (Question Marks).

BCG MatrixBCG Matrix

Answered by ADS

SMA Terjawab on 21 September 2017
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.