Contoh Pemanfaatan Implementasi Big Data di Indonesia ?

Secara Pengertian Big Data Adalah istilah untuk sets data yang sangat besar atau kompleks yang aplikasi pengolahan data tradisional yang tidak memadai untuk menangani data yang besar. Tantangan termasuk analisis, capture, kurasi data, pencarian, berbagi, penyimpanan, transfer, visualisasi, query, memperbarui dan privasi informasi. Istilah “big data” sering merujuk hanya untuk penggunaan analisis prediktif, analisis perilaku pengguna, atau metode data analisis canggih lainnya tertentu yang mengambil nilai dari data, dan jarang untuk ukuran tertentu set data. “Ada sedikit keraguan bahwa jumlah data sekarang tersedia memang besar, tapi itu bukan karakteristik yang paling relevan dari ekosistem data baru ini.”

Analisis data sets dapat menemukan korelasi baru untuk “tren bisnis spot, mencegah penyakit, memerangi kejahatan dan sebagainya”. Para ilmuwan, eksekutif bisnis, praktisi pengobatan, iklan dan pemerintah sama-sama secara teratur bertemu kesulitan dengan besar data-sets di daerah termasuk pencarian Internet, keuangan, informatika perkotaan, serta usaha informatika. Para ilmuwan menemukan keterbatasan dalam pekerjaan e-Science, termasuk meteorologi, genomik, connectomics, simulasi fisika kompleks, biologi dan penelitian lingkungan

Lalu apa Pemanfaatan dan Implementasi Big Data yang sudah ada di Indonesia ? Penerapannya seperti apa ?

Doktor Ditanyakan on 1 December 2016 pada Teknologi.
Tambah Komentar
2 Jawaban

Big data, di implementasikan lebih tepat untuk industri perbankan pada awalnya, tujuannya apa ? Karena banyaknya data nasabah pada suatu bank mereka butuh menganalisa, mengelola, mengelompokkan data2 tersebut. Biasanya kegunaan pengelompokan data ini buat survei berapa penghasilan, lokasi penggunaan Bank terbanyak di lokasi mana.

Fungsi untuk Bank itu sendiri, yaitu membantu mengambil keputusan untuk membuat kebijakan. Misalnya : sebelum Bank BNI membuat kantor di suatu wilayah, mereka akan analisa data melalui big data, apakah daerah sini banyak yg menggunakan Bank atau tidak,jika tidak mereka akan cari lokasi lain untuk pembuatan kantor BNI tersebut.

Namun pertengahan tahun 2014 big data sudah mulai dikembangkan sebagai metode pengambilan keputusan paling akurat, khususnya untuk industri ecommerce, dan marketing.

Karena dengan berpedoman dengan big data itu, bisa membantu mereka untuk melihat dan membaca kebutuhan pasar, sehingga, ketika mereka mengeluarkan suatu produk, ada dasar yg kuat bahwa produk itu akan laku, karena sebelumnya mereka sudah menganalisa kebiasaan yg Dilakukan oleh Customer tadi itu beberapa fungsi dan implementasi big data. Untuk membantu pengambilan keputusan suatu organisasi dalam mencapai tujuan tertentu.

 

Semoga membantu :iloveindonesia

#Mediasoft Indonesia

Megister Terjawab on 2 December 2016
Tambah Komentar

Implementasi Big Data di Indonesia, salah satunya Operator selular terbesar indonesia (Telkomsel)

Operator Indonesia beralih ke Hadoop melalui Cloudera perusahaan untuk offload, ekstrak dan mengubah data gudang operasi untuk membuat mereka lebih cepat dan lebih hemat biaya untuk pengolahan data dan wawasan.

 

Sarjana Terjawab on 2 December 2016
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.