Jenis mainan anak 1 tahun seperti apa yang cocok diberikan kepada si buah hati?

Halo guys ane mau tanya lagi tentang jenis mainan anak 1 tahun seperti apa yang cocok diberikan kepada si buah hati? Tolong sekalian jabarin ya hehe maklum buat tugas survey 🙂

TK Ditanyakan on 21 December 2016 pada Curhat.
Tambah Komentar
2 Jawaban

Di kutip dari childdevelopmentinfo.com permainan terbaik untuk anak-anak khususnya yang masih 1 tahun adalah permainan PUZZLE (Teka-Teki, Merangkai, Menjumlah, Menyusun)

Kenapa bisa PUZZLE merupakan permainan terbaik untuk Anak ?

Permainan Puzzle Untuk AnakPermainan Puzzle Untuk Anak

Alasannya adalah :

  • Kecocokan Dunia Sekitar Mereka

Psikolog telah menentukan bahwa perkembangan otak anak dipengaruhi secara signifikan ketika seorang anak bertindak atau memanipulasi dunia di sekitar dia. Teka-teki memberikan kesempatan itu kunci. Anak-anak belajar untuk bekerja secara langsung dengan lingkungan mereka dan mengubah bentuk dan penampilan ketika mereka bekerja dengan teka-teki.

  • Koordinasi tangan-mata

Ketika anak-anak flip, mengubah, menghapus, dll potongan teka-teki, mereka mempelajari hubungan antara tangan dan mata mereka. Mata melihat teka-teki, dan otak kemudian membayangkan bagaimana puzzle perlu melihat atau apa yang sepotong perlu ditemukan dan ditempatkan. Kemudian otak, mata, dan tangan bekerja sama untuk menemukan potongan, memanipulasi itu sesuai, dan memasukkannya ke teka-teki akurat.

  • Keterampilan motorik halus

Mirip dengan cara koordinasi tangan-mata dicapai, teka-teki memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Tidak menjadi bingung dengan keterampilan motorik kasar seperti berjalan, keterampilan motorik halus membutuhkan kecil, gerakan khusus yang teka-teki berikan. keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk tulisan tangan dan prestasi penting lainnya.

 

  • Pemecahan masalah

Keterampilan pemecahan masalah yang efektif adalah salah satu yang berharga dan penting. Sebagai seorang anak melihat berbagai potongan dan angka keluar di mana mereka cocok atau tidak cocok, ia sedang mengembangkan keterampilan penting ini. Sebuah teka-teki, setelah semua, tidak dapat diselesaikan oleh kecurangan! Baik bekerja dan cocok atau tidak. Jadi teka-teki mengajar anak-anak untuk menggunakan pikiran mereka sendiri untuk mencari cara untuk memecahkan masalah dan berpikir dengan cara yang logis.

  • Bentuk Pengakuan

Untuk anak-anak – bahkan bayi – belajar untuk mengenali dan memilah bentuk merupakan bagian penting dari perkembangan mereka. Teka-teki dapat membantu anak-anak kecil dengan ini, karena potongan harus diakui dan diurutkan sebelum mereka dapat dirakit.

  • Ingatan

puzzle sederhana dan jenis-jenis teka-teki dapat membantu meningkatkan memori anak. Misalnya, seorang anak harus mengingat ukuran, warna dan bentuk berbagai potongan karena ia bekerja melalui teka-teki. Jika sepotong tidak cocok, anak set ke samping; tapi dia harus ingat bagian yang ketika dibutuhkan.

  • Menetapkan Tujuan Kecil

Sebagai seorang anak bekerja pada sebuah teka-teki, ia sering akan mengembangkan strategi untuk bekerja teka-teki lebih cepat dan lebih efisien. Dia mungkin melakukan semua potongan tepi pertama, misalnya, atau menyortir semua potongan ke tumpukan sesuai dengan warna atau bentuk. Hal ini membantu anak belajar untuk mencapai tujuan-tujuan kecil sebagai sarana menuju tujuan yang lebih besar.

ADS #IPB

Megister Terjawab on 21 December 2016
Tambah Komentar

Mainan mendidik untuk anak umur 1 tahun

Permainan untuk menolong anak memecahkan masalah

Satu diantara type permainan ini yaitu puzzle. Puzzle memanglah bukan mainan asli dari dalam negeri. Awalannya mainan anak 1 tahun type ini diimpor dari luar negeri, tetapi sekarang ini anda telah bisa membelinya di toko mainan anak kecil paling dekat. Kenapa merekomendasikan puzzle untuk si kecil? Permainan type puzzle banyak berguna untuk anak, terkecuali melatih kesabaran, puzzle bisa melatih kekuatan berpikir (Intrapersonal Intelligence). Kekuatan ini bisa distimulasi lewat kerja dengan cara mandiri serta membaca didalam hati. Anak-anak di ajak bermain dengan fikiran serta perasaannya sendiri. Terkecuali kekuatan berpikir, kekuatan motorik halus pada anak dapat juga dilatih dengan permainan puzzle ini. Dampingilah buah hati anda saat membuat puzzle, jangan sampai anda segera memberi pertolongan pada buah hati anda, tetapi biarlah mereka berupaya sendiri sesuai sama kemampuannya. Anda dapat menolong lewat cara berikan arahan pada mereka, berilah peluang buah hati anda untuk berpikir serta menganalisa hingga pada akhirnya buah hati anda bisa membuat kepingan untuk kepingan puzzle sampai membuat gambar yang utuh.

Permainan yang bisa merangsang kreatifitasnya

Terdapat banyak type mainan anak 1 tahun yang berguna untuk anak agar bisa merangsang kreatifitasnya. Salah satunya mainan lego atau balok. Mainan anak 1 tahun type ini dapat bukanlah mainan asli dari dalam negeri. Mainan datang dari negara Denmark ini begitu direferensikan di negara Jerman sebagai mainan mendidik yang bisa merangsang kreativitas anak, bahkan juga tempati tempat paling atas dari daftar permainan anak-anak di taman kanak-kanak maupun sekolah basic. Bagaimana di Indonesia?, sayangnya harga mainan ini termasuk juga dalam deretan mainan mahal, hingga cuma dari keluarga yang dapat saja yang bisa beli Lego. Alternatifnya anda bisa beli mainan sama tetapi buatan dari negeri China yang bernama Jenga.Permainan lain terkecuali Lego yang bisa merangsang kreativitas anak yaitu dengan bermain adonan berbahan plastisin. Dengan plastisin anak akan membuat benda sesuai sama daya kreativitas serta imajinasi mereka semasing. Tetapi butuh di perhatikan, jangan sampai memberi type mainan ini pada buah hati yang belum cukup usia, lantaran memiliki resiko memasukkan plastisin kedalam mulut mereka.

Permainan menggambar serta memberi warna

Kerap lihat anak tetangga atau anak saudara anda tampak mencorat-coret tembok tempat tinggal?, nah sebelumnya itu berlangsung dirumah anda, sebaiknya anda mulai sejak awal memperkenalkan media evaluasi yang pas untuk buah hati anda tanpa ada membatasi mereka agar bisa meningkatkan kreatifitasnya serta berimajinasi. Pada usia ini anak dapat kita berikanlah alat gambar, walau mungkin saja masihlah begitu susah untuk mereka. Biarlah mereka mencorat-coret kertas dengan alat catat. Anda dapat juga membelikan buku yang memiliki pola gambar pada buah hati anda, dengan harapan buah hati anda ingin untuk mewarnainya. Terkecuali melatih daya kreativitas, melatih motorik halus, anda dapat juga memperkenalkan warna pada buah hati anda. Sesekali anda dapat bercerita gambar yang telah diwarnai sembari bermain dengan kalimat, hingga anda dapat juga melatih kekuatan verbal anak (Linguistic Intelligence).

Bermain dengan boneka

Mainan anak 1 tahun dengan boneka bisa kita berikanlah pada putri kita. Faedah sermainan dengan boneka salah satunya bisa melatih kekuatan kreativitas pada anak, meningkatkan imajinasi anak serta dapat juga melatih anak agar bisa meningkatkan emosionalnya. Diluar itu anda dapat juga memberi pengertian pada anak serta bisa mengajarkan nilai nilai dengan cara simpel, salah satunya tak bisa lakukan kekerasan pada boneka. Pastikan boneka yang aman serta sesuai sama untuk buah hati anda, boneka dengan bentuk lucu mirip manusia dengan bahan yang halus, lembut dan mempunyai ukuran yang tidaklah terlalu besar yaitu pilihan yang ideal untuk buah hati anda.

TK Terjawab on 25 December 2016
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.