Mengapa nasi tumpeng berbentuk kerucut ?

Halo guys tolong bantu saya menemukan jawaban dari pertanyaan saya tentang nasi tumpeng ya 🙂 Apa anda tau makna dan filosofi dari sajian lengkap nasi tumpeng dan mengapa bisa nasi tumpeng berbentuk kerucut ? hi guys, mohon bantuanya 😀

PlayGroup Ditanyakan on 13 January 2017 pada Pengetahuan.
Tambah Komentar
1 Jawaban

Makna nya ini gan….

1. Nasi Putih : melambangkan tangan merapat menyembah kepada Tuhan. Bentuk gunungan ini juga bisa diartikan sebagai harapan agar kesejahteraan hidup kita semakin “naik” dan “tinggi”

2. Ayam : ayam yang dimasak utuh dengan bumbu kuning merupakan simbol menyembah Tuhan dengan khusyuk dengan hati yang tenang. Menyembelih ayam jago juga mempunyai makna menghindari sifat-sifat buruk.

3. Ikan teri : melambangkan kebersamaan dan kerukunan.

4. Telur : yang direbus pindang bukan didadar atau mata sapi. Disajikan utuh dengan cangkangnya. Sehingga harus dikupas dahulu sebelum dimakan yang melambangkan semua tindakan kita harus direncanakan (dikupas), dikerjakan sesuai rencana dan dievalluasi hasilnya demi kesempurnaan.

5. Sayuran dan urap : sayuran yang melambangkan banyak makna, sseperti tumbuh, ayem tentren, keinginan tercapai. Dan bumbu urap berarti hidup atau urip atau mampu menghidupi (menafkahi) keluarga.

SD Terjawab on 14 January 2017
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.