Mengapa saat hari pertama haid kita merasakan sakit ?

Sakit haid hari pertama pada kaum wanita merupakan rasa yang amat hebat, terutama pada saat akan haid di hari pertama periode haid. Berdasarkan penyebabnya sakit haid disebabkan oleh apa ?

SMP Ditanyakan on 14 March 2016 pada Kesehatan.
Tambah Komentar
2 Jawaban

Terjadinya kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun di masa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Dokter Alo

Megister Terjawab on 14 March 2016
Tambah Komentar

Adanya kontraksi otot-otot rahim yang disebabkan adanya “perintah” oleh syaraf otonom yang berasal dari tulang belakang area pinggang (lumbal) dengan tujuan mendorong darah haid agar keluar. Sebenarnya kondisi ini bisa kita kurangi rasa nyeri tersebut dengan cara melakukan beberapa gerakan yang tujuannya untuk rileksasi sendi-sendi daerah lumbal sehingga syaraf yang berasal dari lumbal (pinggang) menjadi terhambat dalam memberikan respon nyeri sehingga nyeri menjadi berkurang.

TK Terjawab 4 hari yang lalu
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.