Mengenai Penulisan Seminar Proposal TA (Tugas Akhir) ?

Terjawab

Halo! Apa kabar Anda sekalian? Baiklah, kali ini saya mau bertanya soal kerangka pada BAB I PENDAHULUAN dalam penulisan Seminar Proposal TA (Tugas Akhir) jenjang PT (Perguruan Tinggi).

Adapun susunan kerangka di dalam BAB I tersebut sbb:

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Manfaat
  4. Rumusan Masalah
  5. Batasan Masalah
  6. Sistematika

Dari ke-6 Sub-Bab di atas, saya masih bingung dan belum paham betul dalam menentukan tulisan apa yang akan dibuat sesuai pada tempatnya masing-masing (Sub-Bab).

Misalnya, saya ajukan sebuah judul “Pengaruh Coklat Terhadap Kesehatan Gigi Pada Masa Kanak-Kanak (5 – 11 Tahun)”.

Adakah yang bisa membantu saya dalam menyelesaikan BAB I nya? Mungkin, dari apa yang Anda berikan bisa menjadi acuan bagi saya untuk menyelesaikan BAB I ini dengan judul yang lain. Terima kasih.

TK Ditanyakan on 7 April 2017 pada Kampus.
Tambah Komentar
3 Jawaban
Jawaban Terbaik

Oke saya bantu menjawab pertanyaan masalah penulisan seminar proposal TA. BTW ini untuk Anak D3 atau S1 ya ? Kok ada sistematikanya ? Kalau di kampus IPB D3 itu tidak ada Sistematikanya :D.  Boleh disebutkan untuk Kampus apa ya ? Biar saya bisa bantu Format Penulisannya, soalnya setiap kampus punya peraturan yang berbeda masalah Format TA. Oke kita mulai saja dari No.1 Latar Belakang.

  • Latar Belakang 

Latar belakang itu berisi tentang

  1. Perkembangan Industri Pengaruh Coklat Terhadap Kesehatan Gigi Pada Masa Kanak-Kanak (5 – 11 Tahun)
  2. Pengendalian Mutu Pengaruh Coklat
  3. Faktor Yang Mempengaruhi Coklat terhadap Kesehatan Gigi Pada Masa Kanak-Kanak
  • Tujuan

Tujuan berisi tentang

  1. Praktik kerja lapangan bertujuan untuk menambah wawasan tentang dunia kerja. Membandingkan ilmu yang diperoleh di perkuliahan dengan keadaan sebenarnya dan mempelajari secara langsung bagaimana Pengaruh Coklat Terhadap Kesehatan Gigi Pada Masa Kanak-Kanak (5 – 11 Tahun).
  2. Tujuan Umum :
  3. Tujuan Khusus :
  • Manfaat 

Manfaat berisi tentang

  1. Manfaat Bagi Mahasiswa adalah …..
  2. Manfaat Bagi Perusahaan adalah ….
  3. Manfaat Bagi Perguruan Tinggi adalah ….
  • Rumusan Masalah 

Rumusan Masalah berisi tentang masalah yang ingin diselaikan beserta rumusan yang akan diterapkan dan dipelajarinya

  • Batasan Masalah

Batasan Masalah berisi tentang batasan yang dibahas untuk pembuatan Tugas Akhir terdiri dari aspek yang sudah di pelajari selama perkuliahan berlangsung. Pembahasan yang akan dikaji selama PKL merupakan sesuai dengan jurusan Anda. Batasan masalah terdiri dari

  1. Aspek Umum
  2. Aspek Khusus

 

Doktor Terjawab on 9 April 2017
Tambah Komentar

Terima kasih. Saya dari Prodi S1 di FT – UA, Padang, Sumbar. Apa Anda bisa memberikan saya beberapa referensi berupa buku tentang penulisan Seminar Proposal TA. Mungkin siapa tahu Anda punya buku semacam itu. Siapa author & apa penerbit dari bukunya? Agar saya lebih dalam lagi memahami penulisan Seminar Proposal TA. Ya, saya rasa mata kuliah ini cukup berat untuk membuat proposal yang baik dan benar. Bahasa pun sangat diharapkan dalam penulisan proposal, karena kita nantinya akan dituntut menulis apa yang sudah kita pelajari selama di kuliah dengan bahasa indonesia yang baik dan benar di tambah aturan-aturan dalam format penulisan.

TK Terjawab on 9 April 2017
Tambah Komentar

Maaf saya tidak bisa memberikan refrensi buku karena bidang tersebut berbeda dengan jurusan yang saya ambil di kampus saya 🙂 namun saya akan refrensi bagaimana cara menemukan buku untuk aspek yang kamu ingin jadikan seminar TA.

Kamu bisa cari buku di Google Book terlebih dahulu, disana kamu bisa mendapatkan beberapa informasi untuk daftar pustaka 🙂

Doktor Terjawab on 10 April 2017
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.