Pengertia Keadilan, Kepastian dan Kemanfaatan didalam teori hukum ?

Dalam pelajaran Pengantar Ilmu Hukum saya ditanya tentang. Apa yang anda pahami terkait Keadilan, Kepastian dan Kemanfaatan didalam teori hukum ?

Tolong berikan jawaban anda

Sarjana Ditanyakan on 1 December 2017 pada Hukum.
Tambah Komentar
2 Jawaban

Suatu hukum yang baik, setidaknya harus memenuhi 3 unsur atau kriteria : Keadilan, Kepastian dan Kemanfaatan.

Keadilan adalah keseimbangan antara yang patut diperoleh oleh pihak-pihak, baik berupa keuntungan maupun kerugian. Atau lebih simpelnya memberi apa yang menjadi haknya secara setara.

Kepastian adalah memberlakukan suatu hukum secara jelas, tetap , konsisten dan konsekuen yang tidak terpengaruhi oleh situasi-situasi yang sifatnya Subjectif

Kemanfaatan. Dalam prakteknya, hukum seyogyanya harus membawa manfaat yaitu terciptanya rasa aman dan perlindungan dan terjadi hubungan yang sinergi antara keadilan, kepastian dan kemanfaatan dalam kehidupan bermasyarakat.

SD Terjawab on 1 December 2017
Tambah Komentar

1. Keadilan adalah keseimbangan antara yang patut diperoleh pihak-pihak, baik berupa keuntungan atau kerugian. Atau lebih praktisnya adalah memberikan hak yang setara dengan kapasitas seseorang atau pemberlakuan kepada tiap orang secara proposional.

2. Kepastian adalah kejelasan akan hak dan kewajiban menurut hukum. Tanpa adanya kepastian hukum maka orang akan tidak tahu apa yang harus diperkuat, tidak mengetahui perbuatannya benar atau salah, dilarang atau tidak dilarang oleh hukum. Dengan kata lain kepastian hukum itu tepat hukumnya, subjeknya dan objeknya serta ancaman hukumannya.

3. Kemanfaatan adalah kemanfaatan hukum yang perlu diperhatikan karena semua orang mengharapkan adanya manfaat dalam pelaksanaan penegakan hukum. Jangan sampai penegakan hukum menimbulkan keresahan di dalam masyarakat.

Terima kasih

SMP Terjawab on 1 December 2017
Tambah Komentar
  • Jawaban Anda

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.